31 Oktober 2009

Penculikan anak


Penculikan anak akhir-akhir ini sering terjadi. Kita sebagai orang tua sangat prihatin dengan kasus ini, bilamana tidak gusar dan takut kalau seandainya peristiwa dialami anak kita sendiri.

Semoga saja kasus penculikan anak segera dapat ditangani dengan cepat oleh aparat kepolisian. Penculikan anak banyak ragam modusnya, diantaranya karena faktor ekonomi dan kebencian sama orang tua anak. Faktor ekonomi ini anak sering dijadikan barang untuk diperdagangkan guna mendapatkan keuntungan. Faktor kebencian tidak kalah mengerikan, hal ini karena sipelaku penculikan merasa diperlukan yang tidak menyenangkan sama orang tua sianak.

Kalau diperhatikan sangatlah kasihan nasib anak-anak yang tidak tahu apa-apa. Mereka hanya tahu senang dan senang saja, jiwa mereka masih polos dan tidak mempunyai buruk sangka.

Kasus penculikan ini sebenarnya dapat dihindari dan dicegah. Sebagai orang tua harus menanamkan pada diri anak jangan mudah untuk mempercayai orang apalagi orang itu baru dikenal, sehingga apabila ada orang yang mau mengajak atau memberi sesuatu akan menolak ajakan atau pemberian orang yang tidak dikenal. Apabila mengajak anak ketempat keramaian seperti pusat perbelanjaan janganlah orang tua melepas atau mengurangi pengawasan terhadap anak, selain itu orang tua haruslah menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya, dengan komunikasi yang baik maka anak tidak akan merasa sendiri dan mempunyai tempat untuk mengobrol. Kalau jalinan komunikasi dengan orang tua berkurang maka anak akan mencari orang lain untuk diajak berkomunikas. Kalau orang lain sifatnya baik tidak menjadi persoalan kalau buruk bisa-bisa sianak diculik kita sendiri yang kehilangan.

Lindungi anak kita dari orang jahat... jangan biarkan anak-anak jadi korban