12 November 2009

Rumah Tangga Yang Sehat atau Tidak


Dalam menilai rumah tangga sehat atau tidak dapat dilihat dari 7 indikator PHBS dan 3 Gaya Hidup Sehat terpenuhi atau tidak.

A. Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
  1. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan : pertolongan persalinan pada balita termuda oleh tenaga kesehatan.(dokter, bidan dan paramedis lainnya ).
  2. Bayi diberi Air susu ibu Eksklusif : bayi termuda usia 0-6 bulan mendapat air susu ibu saja sejak lahir sampai usia 6 bulan.
  3. Mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan : anggota rumah tangga mempunyai jaminan kartu sehat seperti Askes, kartu sehat, Dana sehat, Jamsostek, Asuransi kesehatan dan lain-lainnya.
  4. Ketersediaan Air Bersih : Rumah tangga mempunyai akses air bersih dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Ketersediaan Jamban Sehat.
  6. Kesesuaian Luas Lantai dan Jumlah Penghuni : Luas lantai yang digunakan dalam keseharian dibagi dengan jumlah penghuninya. (min.9m2 perorang).
  7. Lantai Rumah Bukan Tanah : Lantai rumah tangga dikasih pengeras semisal adukan semen, papan dan sebagainya.

B. Indikator Gaya Hidup Sehat
  1. Tidak Merokok didalam Rumah : Anggota keluarga usia 10 tahun keatas tidak merokok didalam rumah sewaktu bersama anggota keluarga lainnya selama 1 bulan terakhir.
  2. Melakukan aktivitas Fisik setiap hari : Anggota keluarga usia 10 tahun keatas melakukan aktivitas sedang atau berat dalam minggu terakhir minimal 30 menit dalam sehari.
  3. Makan buah dan sayur setiap hari : Anggota keluarga usia 10 tahun keatas yang mengkonsumsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari dalam 1 minggu terakhir.