03 Januari 2010

Renungan di Balik Makna Shalat





Sayyidina Ali K.W

  1. Perbedaan antara seorang Mukmin dan kafir adalah shalat. Barang siapa yang meninggalkannya, lalu dia mengaku sebagai Mukmin, maka perbuatannya itu telah mendustakannya, dan dirinya pun menjadi saksi akan hal itu.
  2. Lakukanlah shalat subuh ketika hari masih gelap, niscaya (kelak) engkau akan bertemu dengan Allah Ta'ala dengan wajah yang putih.
  3. Jagalah urusan shalat, peliharalah ia, perbanyaklah mengerjakannya dan dekatkanlah dirimu (kepada Allah) dengan shalat itu. Sebab, sesungguhnya shalat adalah kewajiban yang ditentukan waktuknya atas orang yang beriman (QS 4:103). Apakah kalian tidak mendengarkan jawaban para penghuni neraka ketika mereka ditanya, " Apakah yang memasukan kamu kedalam Saqar(neraka)?" mereka menjawab,"Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mngerjakan shalat." (QS 74:42-43).
  4. Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw ketika beliau mengutusku ke Yaman,"Bagaimana aku harus mengimani mereka shalat (berjamaah) seperti shalatnya orang yang paling lemah di antara mereka, dan jadilah orang yang amat penyayang terhadap orang-orang yang beriman."
  5. Barangsiapa yang tidak mengambil persiapan shalat sebelum tiba waktunya, maka dia tidak menghormati shalat.