01 November 2009

Pengkodean Plastik


Dalam kehidupan keseharian kita tidak jauh dengan apa itu namanya plastik. Plastik sudah tidak asing bagi kita semua, dari itu peralatan minuman, tempat makanan, pembungkus barang, peralatan pembersih rumah tangga dan masih banyak lagi.
Namun kadang-kadang jadi bingung dengan produksi plastik itu sendiri. Kita tahu bahwa limbah plastik sulit diuraikan oleh alam. Jalan satu-satunya melalui proses daur ulang. Semakin sering limbah plastik didaur ulang semakin berbahaya kandungan senyawanya.

Untuk mengetahui kandungan senyawa plastid an produk yang tepat penggunaanya, maka pada tahun 1988 oleh The Society of the plastics industry,inc diperkenalkan kode identifikasi kandungan resin di tengah kode segitiga daur ulang.

Pengkodean Plastik :
1.Plastik kode 1(PETE atau PET-polyethylene terephthalate), 2(HDPE-high density polyethylene), 3(V atau PVC-polyvinyl chloride), 6(PS-polystyrene), dan 7(jenis PC-polycarbonate) hanya sekali pakai. Penggunaan hanya sekali pemakaian.

2.Plastik kode 4, 5 dan 7(jenis SAN-styrene acrylonitrile atau ABS-acrylonitrile butadiene styrene) tergolong aman.

3.Botol susu sebaiknya berbahan kaca, stainless steel atau plastic kode 4 LDPE (low density polyethylene) atau 5PP(polipropilen).

4.Jangan menggunakan botol plastik berkode 1 dan kode 2 untuk menyimpan air minum.