01 November 2009

Vaksinasi Influenza Pada Anak


Flu merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini disebabkan virus influenza. Gejala infeksi penyakit flu ini sifatnya mendadak, gejalanya sampai dua minggu dan bila menyerang pada anak dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada anak yang beresiko tinggi (penderita penyakit kronis).

Batuk dan flu dapat mempunyai kemiripan gejala yang sama, namun penyakit flu lebih berbahaya akibatnya. Tanda-tanda penyakit flu demam tinggi, sakit kepala, batuk berat, rasa lemah, badan terasa sakit semua.

Cara penularan penyakit flu melalui kontak langsung dengan sipenderita flu, memegang atau menyentuh barang yang sebelumnya dipegang penderita flu. Gejala flu ini biasanya timbul 1-4 hari.

Penyakit flu dapat dicegah dengan jalan menjaga stamina tubuh tetap bugar atau dengan jalan vaksinasi influenza. Vaksinasi influenza sangat dianjurkan oleh badan kesehatan dunia. Hal ini disebabkan virus flu selalu berubah setiap tahun. Sehingga badan kesehatan dunia merekomendasikan vaksinasi influenza. Vaksinasi influenza pada anak di mulai setelah usia 6 bulan

Manfaat vaksinasi influenza :
a.Menyelamatkan hidup anak dari penyakit kronis.
b.Menghemat biaya pengobatan.
c.Mengurangi resiko penularan penyakit flu dalam keluarga.
d.Mengurangi jumlah ke tidak hadiran anak pada jam masuk sekolah.