10 Desember 2009

Jenis Makanan yang Perlu di kurangi dan di Hindari Selama Kehamilan


Ada beberapa jenis makanan yang harus dikurangi bahkan harus dihindari untuk dikonsumsi selama proses kehamilan :

a. Ikan tuna, ikan sea bass, shark atau ikan yang berukuran besar yang diketahui mengandung merkuri dalam tingkatan tinggi. Hal ini guna mencegah terjadinya kerusakan syaraf.

b. Keju lunak dan minum susu yang tidak dipasteurisasi dengan benar. Semua produk ini mempunyai resiko membawa bakteri listeria, dimana bakteri ini mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi pada janin.Listeria ini juga dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah.

c. Hindari bakteri Toksoplasmosis dengan cara tidak mengkonsumsi makanan khususnya sayuran yang tidak melalui proses pencucian yang benaar terutama makanan yang dimakan mentah seperti lalapan atau buah-buahan.

d. Jangan makan daging atau telur yang dimasak tidak sampai matang benar. Hal ini untuk menghindari terkena bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan diare hebat.

e. Jangan minum minuman berakohol. hal ini dapat menyebabkan kelainan pada perkembangan janin dan problem emosional bayi anda.

f.Hindari atau kurangi mengkonsumsi minuman berkafein dan teh karena dapat menyebabkan berat badan bayi anda rendah, keguguran serta dapat mengurangi penyerapan zat besi.