24 Januari 2010

Fadilah Surat Yasin


Atas anjuran para Ulama banyak kaum muslimin di tanah air yang mengamalkan surat yasin baik sendiri-sendiri maupun secara berjamaah terutama di malam jum'at.
Hal ini dikarenakan banyak faedah surat yasin, sebagaimana sabda Rasullah saw, mengenai keutamaan surat yasin sebagai berikut :
  1. Apabila dibaca dipagi hari, pasti hatinya lapang dan memperoleh kegembiraan hingga malam hari dan apabila dibaca dimalam hari pasti akan memperoleh kegembiraan hingga pagi hari.
  2. Apabila dibaca dimalam hari dengan Ridho Allah akan diampuni dosanya esok hari dan dosa-dosa diwaktu lampau.
  3. Apabila dibaca didepan orang yang menghadapi sakaratul maut maka Allah swt akan memudahkan keluarnya ruh.
  4. Apabila dibaca ketika ziarah kubur maka dapat meringankan siksa ahli kubur itu, dan bagi pembacanya akan memperoleh pahala seperti kebajikan ahli kubur.
  5. Apabila dibaca 41 kali atau secara berjamah oleh sedikitnya 41 orang maka apa yang menjadi keinginan kita atas ridho Allah swt akan dikabulkan.
  6. Apabila kita mengalami kesulitan hidup, bacalah surat yasin sedikitnya 3 kali maka lenyaplah kesusahannya lepaslah ketakutannya.




Begitu besar fadilah surat yasin semoga kita dapat mengamalkannya dengan baik, seperti orang sholeh yang lebih dulu mengamalkan surat yasin, semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung dan mendapatkan hidayah Allah swt.